Monday, September 24, 2012

Tugas I Database


Dosen   : A.Bachris
Nama    : Insan Kamalia R.
NIM       : 4312122006
Kelas     :TMJ REG 1
1.       Terangkan perbedaan antara database yang disimipan dan metadata serta berikan contohnya!
Metadata sering didefinisakan sebagai ‘informasi dari informasi’, ini maksudnya bahwa metadata adalah sebentuk data yang memberikan satu atau lebih informasi dari sebuah database yang membuat data yang dimaksud menjadi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan atau dikelola.

Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan.

Contoh metadata dala kehidupan sehari-hari adalah CD rekaman musik yang membawa lapisan metadata tentang rekaman seperti tanggal, artis, genre, pemilik hak cipta, dll. Metadata, biasanya tidak ditampilkan oleh CD player, dapat diakses dan ditampilkan oleh pemutaran musik khusus dan / atau aplikasi editing.

Lalu apa itu database yang disimpan? Database ini adalah database real yaitu suatu kumpulan data-data yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk informasi yang sangat berguna. Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama.

Contohnya adalah data berupa nama-nama, kelas-kelas, alamat-alamat. Semua data tersebut dikumpulkan menjadi satu menjadi kelompok data baru, sebut saja sebagai data-data mahasiswa. Demikian juga, kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data dosen, data-data keuangan dan lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar, misalkan data-data politeknik elektronika

Perbedaannya adalah metadata lebih mudah ditemukan kembali dan dikelola karena metadata mengandung isi suatu informasi dari suatu data yang telah kita simpan. Database biasanya disimpan dalam system catalog yang memuat suatu informasi seperti nama data, tipe, besar memorynya dll, nah semua yang ditaruh dalam system catalog inilah yang disebut sebagai metadata.





2.       Berikan contoh define, construct dan manipulate!
>>>>>Defineialah fungsi untuk melakukan spesifikasi tipe data, struktur dan constraint data yang akan disimpan dalam basis data.
‘table_name’
Field
type
length
NIM
int
10
Address
text

Name
char
50
CREATE TABLE ‘name_table’ (NIM int (10) PRIMARY KEY, Name char (50), Address text);
>>>>>Manipulationialah fungsi untuk melakukan query atau memanggil data, update data dan menghasilkan laporan yang berasal dari basis data

NIM
NAME
ADDRESS
10000001
Rain
Jaksel
10000002
Inar
Depok
10000003
Nira
Bekasi
+SELECT*FROM name_table WHERE NIM=’ 10000001’;
+SELECT*FROM name_table;
+SELECT ‘ADDRESS’ FROM name_table;
>>>>>Construct: ialah fungsi untuk melakukan proses penyimpanan data ke dalam beberapa media penyimpanan yang dikontrol DBMS.

Table 1                                 Table 2
NIM
KELAS
10000001
TMJ1
10000002
TMJ3
10000003
TMJ3
NIM
NAMA
10000001
Rain
10000002
Inar
10000003
Nira
Data NIM, KELAS dan NAMA disimpan sebagai sebuah record dalam masing-masing filenya. Tabel 1 dan tabel 2 memilki data yang saling berelasi yang bisa menopang kinerja database satu sama lain.

3.      Terangkan dengan singkat & jelas dan berikan contoh dari aplikasi OLTP (Online Transaction Proccessing)!
OLTP (proses transaksi online) adalah kelas program yang memfasilitasi dan mengelola aplikasi berorientasi-transakasi, biasanya ini berguna untuk entri data dan transaksi-transakasi pengambilan di sejumlah industri, termasuk perbankan, penerbangan, mailorder, supermarket, dan produsen. Prroduk OLTP paling banyak diinstal adalah IBM CICS (Customer Information Control System).
Pemrosesan transaksi online saat ini semakin membutuhkan dukungan untuk transaksi yang span jaringan dan dapat mencakup lebih dari satu perusahaan. Untuk alasan ini, baru OLTP software menggunakan client / server pengolahan dan software brokering yang memungkinkan transaksi untuk dijalankan pada platform komputer yang berbeda dalam jaringan.
Contoh kasus dari OLTP adalah perusahaan retail. Dengan OLTPkita bisa mendapatkan merekap penjualan sehari-hari, penjualan tertinggi, terendah, dst.


4.    Jelaskan yang dimaksud dengan End-User pada DBMS!
End-user : pelaku yang membutuhkan akses ke basis data untuk query, update dan generate laporan yang terbagi dalam beberapa kategori yakni :

a. Casual end user
Ialah pengguna yang mengakses basis data, tetapi mereka membutuhkan informasi yang berbeda setiap saat. Mereka menggunakan bahasa query basis data yang canggih untuk menspesifikasikan permintaan dan mereka adalah manajer tingkat tinggi atau menengah.

b. Naïve/ parametric end user
Ialah pengguna dengan fungsi pekerjaaan utama mereka adalah berkisar pada query dan update basis data yang disebut canned transaction.

c. Sophisticated end users
Merupakan kelompok pengguna mencakup ahli teknik, ilmuwan, analis bisnis, dan lainnya yang terbiasa dengan fasilitas dari DBMS untuk mengimplementasikan aplikasi sesuai kebutuhannya.

d. Stand-alone end users
Adalah pengguna yang melakukan manajemen basis data personal dengan menggunakan paket program yang sudah jadi yang menyediakan menu yang easy user dan interface tab berbasis grafik.
5.       Apa yang disebut dengan query? Terangkan dan berikan contoh!

Secara umum, query (kata benda) adalah pertanyaan, seringkali diperlukan untuk diekspresikan dengan cara formal.Kata ini berasal dari bahasa Latin quaere (bentuk imperatif quaerere, yang berarti untuk bertanya atau mencari). Dalam komputer, apa yang dicari para pengguna search-engine atau database disebut query. Untuk query (kata kerja) berarti untuk mengajukan permintaan (kata benda).

Contohnya adalah ketika kita mengetik suatu keyword pada kotak search yang tersedia di halaman depan Google, maka akan muncul beberapa keyword yang masuk akal atau berhubungan. Keyword tersebutlah yang disebut dengan query.







No comments:

Post a Comment