Wednesday, October 31, 2012

Tugas Database V

Nama : Insan Kamalia R
Kelas  : TMJ 1 Reg
NIM   : 4312122006


1. Praktekan seluruh perintah DML

2. Terangkan dan jelaskan secara singkat dari macam-macam atribut

  •       Atribut Deskriptif : atribut tidak menjadi  atau merupakan anggota ke primer.
  •       Atribut Sederhana : Atribut atomic yang tidak dapat dipilah lagi.
  •       Atribut Komposit : Atribut yang masih dapat diuraikan lagi menjadi sub-sub atribut yang masing-masing memiliki makna.
  •       Atribut Bernilai tunggal : Ditujukan pada atribut-atribut yang memiliki paling banyak satu nilai untuk setiap baris data.
  •       Atribut Bernilai Banyak :Ditujukan pada atribut-atribut yang dapat kita isi dengan lebih dari satu nilai, tapi jenisnya sama.
  •       Atribut Harus Bernilai : Sejumlah atribut pada sebuah tabel yang kita tetapkan harus berisi nilai.
  •       Atribut Null : Atribut yang nilainya belum siap atau tidak ada.
  •        Atribut Turunan : Atribut yang nilai-nilainya diperoleh atau dapat diturunkan dari atribut atau tabel lain yang behubungan.



3. Apa yang dimaksud dengan Diagram E-R dan sebutkan fungsinya !
Entity Relational Diagram (Diagram E-R) adalah sebuah konsep yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan dan didasarkan pada persepsi dari sebuah duni anyata yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut entity dan relasi diantara objek-objek tersebut.
Fungsi Diagram ERD yaitu untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data. Dengan ERD, model dapat diuji dengan mengabaikan proses yang dilakukan. Diagram ER pertama kali dideskripsikan oleh Peter Chen yang dibuat sebagai bagian dari perangkat lunak.
4. Diagram E-R mempunyai 4 simbol utama, sebutkan dan jelaskan masing-masing simbol tersebut !

  
adalah suatu objek yang dapat diidentifikasi dalam lingkungan pemakai. Entitas digunakan untuk menerapkan integritas pada tingkat Entity (table) agar setiap instances (record/baris) pada suatu entity bersifat unique yang disebut sebagai primary key sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan yang lainnya
menunjukkan adanya hubungan di antara sejumlah entitas yang berbeda. Relasi digunakan untuk mengubungkan beberapa table, sehingga data-data yang disimpan dalam table tetap normal. Dalam mySQL relasi antartabel dapat dibuat jika tipe table tersebut innoDB. Secara otomatis saat membuat table baru, tipe tabelnya adalah MylSAM sehingga perlu merubah ke tipe innoDB terlebih dahulu. Relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas (misalnya A dan B) dalam satu basis data yaitu  :
 i.     Satu ke satu (One to one)
      Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.
 ii.    Satu ke banyak (One to many)
      Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
iii.    Banyak ke banyak (Many to many)
      Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B. mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips.


 berfungsi mendeskripsikan karakter entitas (atribut yang berfungsi sebagai key diberi garis bawah). Setiap entitas pasti memiliki atribut yang mendeskripsikan karakterisktik dari entitas tersebut. Penetapan atribut bagi sebuah entitas umumnya memang didasarkan pada fakta yang ada, tetapi tidak selalu seperti itu. Istilah atribut sebenarnya identik dengan pemakaian

sebagai penghubung antara relasi dengan entitas, relasi dan entitas dengan atribut. Garis merepresentasikan hubungan atribut ke set entitas dan set entitas ke relasi.
5. Berikan contoh untuk masing-masing kardinalitas dalam Diagram E-R !

Kardinalitas pemetaan atau rasio kardinalitas menunjukkan jumlah entitas yang dapat dihubungkan ke satu entity lain dengan suatu relasi. Contoh masing masing kardinalitas dari Diagram E-R meliputi :
a. Hubungan satu ke satu (one to one).
Yaitu satu entity dalam A dihubungkan dengan maksimum satu entity dalam B.
b. Hubungan satu ke banyak (one to many)
Yaitu satu entity dalam A dihubungkan dengan sejumlah entity dalam B. Satu entity dalam B dihubungkan dengan maksimum satu entity dalam A.
c. Hubungan banyak ke satu (many to one)
Yaitu satu entity dalam A dihubungkan dengan maksimum satu entity dalam B. Satu entity dalam B dapat dihubungkan dengan sejumlah entity dalam A.
d. Hubungan banyak ke banyak (many to many).
Satu entity dalam A dihubungkan dengan sejumlah entity dalam B, & satu entity dalam B dihubungkan dengan sejumlah entity dalam A.



6. Apa yg dimaksud dengan spesialisasi dan generalisasi ?

Spesialisasi adalah proses mendesain subgrup di dalam suatu entity. Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitas dalam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.
Contoh : himpunan entitas account memiliki atribut account-number dan balance. Suatu account dapat diklasifikasikan lagi menjadi salah satu dari savings-account atau checking-account.
Setiap tipe account ini diterangkan dengan himpunan atribut yang termasuk dalam atribut-atribut dari entitas account ditambah dengan atribut tambahan. Contoh entity saving-account diterangkan dengan atribut interest-rate, dan checking-account diterangkan dengan overdraft-amount. Proses spesialisasi mengijinkan pembedaan account berdasarkan tipe account. Account juga dapat dibedakan dengan cara lain, misalkan berdasarkan tipe kepemilikkan menjadi commercial-account dan personal-account. Ketika dalam suatu entitas dibentuk lebih dari satu proses spesialisasi, maka suatu entitas menjadi milik dua spesialisasi tersebut. Misal suatu account bisa merupakan suatu personal account dan suatu checking account. Dalam diagram E-R, spesialisasi dilambangkan dengan komponen segitiga bertuliskan ISA. ISA juga melambangkan hubungan antara superclass-subclass. Entity yang dengan kedudukkan lebih rendah/tinggi memiliki lambang sama.


Generalisasi adalah proses  pendefinisian  subclass-subclas yang  disatukan  menjadi entitas superclass  tunggal  berdasarkan karakteristik umum. Disamping proses desain top-down (dari inisial entitas ke level lebih rendah (subgrup)), desain juga dapat dilakukan dengan proses bottom-up, yaitu banyak entitas disintesiskan menjadi entity yang lebih tinggi berdasarkan kesamaan feature-nya.
Desainer basis data mungkin mengidentifikasi terlebih dulu entitas checking-account dengan atribut account-number, balance dan over draft amount. Ditemukan juga entity set saving-account dengan atribut account-number, balance dan interest-rate. Terdapat kesamaan antara entitas checking-account dengan entitas saving-account, yaitu keduanya memiliki beberapa atribut yang sama.




No comments:

Post a Comment